Breaking News
Loading...
Senin, 09 Februari 2015

Tips Dan Trick Cara Dalam Menaikan Chart Reverbnation

Reverbnation...? Siapa yang Ngga' Tahu tentang situs web musik satu ini. Situs yang diperuntukan untuk para musisi, band, pencipta lagu ataupun yang lainnya untuk mempromosikan lagu & band mereka. Menurut saya reverbnation ini adalah salah satu situs web musik terbesar dan jumlah user terbanyak dari seluruh penjuru dunia dari sekian banyak situs web musik yang ada sekarang ini.

Bicara tentang reverbnation pasti sobat indie sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Chart/ rank reverbnation. Banyak sekali yang menginginkan band/ musisi yang ada di reverbnation bisa masuk dalam top chart 10 besar untuk regional nasional di negaranya sendiri bahkan sampai ketingkat regional global semua negara sesuai dengan genre musik masing-masing band itu sendiri, bisa di lihat di sini untuk Top Chart Reverbnation untuk beberapa negara yang lain.

Sebuah band/ musisi pasti akan mengalami yang namanya naik dan turunnya rank/ chart di dalam reverbnation. Tentunya bukan sebuah alasan ketika kita bertanya-tanya kenapa rank/ chart yang ada di reverbnation bisa naik ataupun turun bahkan ada yang rank/ chart'nya mentok, ngga naik dan ngga turun he... he... he...

Perlu di ketahui, Reverbnation pastinya punya aturan, syarat, kriteria ataupun penghitungan point dalam menaik dan turunkan chart reverbnation. Setiap musisi/ band masing-masing mempunyai point dalam penghitungan rank/ chart reverbnationnya. Apa saja yang masuk dalam aturan, syarat, kriteria penghitungan point untuk chart reverbnation...? berikut akan saya berikan poin-point kriteria yang mempengaruhi naik dan turunnya rank/ chart reverbnation berdasarkan pengalaman, riset dan hasil yang telah di buktikan dari saya sendiri selama kurang lebih 2-3 tahun...

1. Jumlah Pengunjung

2. Jumlah lagu yang di putar/ play untuk setiap harinya

3. Jumlah Fans


Tips Dan Trick Cara Dalam Menaikan Chart Reverbnation

Sebenarnya banyak point-point lainnya yang mempengaruhi naik dan turunnya sebuah rank/ chart di dalam reverbnation misalkan jumlah video yang di putar/ dilihat, tetapi saya ambil kesimpulan bahwa 3 point di atas sudah sangat penting dan berpengaruh di dalam menaik dan turunkan posisi rank/ chart reverbnation. Bagaimana sobat indie, langsung saja daripada kelamaan dan bikin lebih penasaran akan saya berikan Tips/ Trick dalam menaik dan turunkan chart/ rank reverbnation. Akan saya bahas 3 point-point tersebut di atas secara detail...

Tips dan Trick Cara Dalam Menaikan Chart Reverbnation: 

1. Jumlah Pengunjung


Yang dimaksud Penghitungan Jumlah Pengunjung di sini adalah orang/ akun yang mengunjungi page band reverbnation band kita sendiri setiap harinya. Point Pengunjung dapat di bedakan menjadi dua kriteria yaitu Pengunjung Organik dan Pengunjung Unik. Pengunjung Organik menurut saya bisa di artikan pengunjung yang datang berdasarkan regional/ wilayah dari negara kita sendiri/ lokal. Sedangkan Pengunjung Unik adalah Pengunjung yang datang dari negara lain/ bukan lokal ( misalkan dari Amerika, Inggris, Italy dan negara yang lainnya).


Tips Dan Trick Cara Dalam Menaikan Chart Reverbnation

Point untuk jumlah pengunjung unik lebih tinggi di bandingkan point untuk pengunjung organik. Lantas bagaimana cara untuk mendatangkan pengunjung unik untuk page/ halaman reverbnation kita...? Ini lho saya berikan caranya:

Pertama-tama masuk/ Login ke akun reverbnation, terus kita searching page/ halaman reverbnation band dari negara lain (bisa di lakukan dengan cara melihat chart/ rank yg ada di reverbnation). Tentukan dulu Band yang akan kita kunjungi, usahakan yang masuk dalam top chart 10 besar di negaranya. Setelah itu lakukan langkah klik Become a Fan terus coba kirim pesan untuk sekedar menyapa/ say' hello. Setelah itu cobalah untuk memberikan komentar, dan kalau sempat Play lagu minimal satu aja, ngga usah sampai kelar play'nya (optional saja). Lakukan langkah tersebut berulang-ulang, percayalah dengan kita become a fan, mengirim pesan & berkomentar mereka juga akan melakukan kunjungan balik ke page/ halaman reverbnation band kita dan biasanya melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan... Ok Sssipppppp (y).
Tips Dan Trick Cara Dalam Menaikan Chart Reverbnation Tips Dan Trick Cara Dalam Menaikan Chart Reverbnation
Tips Dan Trick Cara Dalam Menaikan Chart Reverbnation

2. Jumlah Lagu yang di putar/ play tiap harinya


Yang dimaksud Jumlah Lagu yang di putar/ play tiap harinya adalah akumulasi banyaknya jumlah lagu yang di Play dalam jangka waktu 24 jam. Semakin banyak orang yang memutar/ play lagu akan semakin banyak juga point yang nantinya kita dapatkan.

Jumlah putar/ play lagu tidak di berlakukan untuk satu akun/ pengunjung, tetapi multiple akun. Misakan kita dalam sehari memutar/ play lagu kita sendiri sebanyak 100 kali, dan akumulasi penghitungan jumlah putar/ play lagu itupun akan 100 kali juga. Makanya sangat penting dan di sarankan kita sempat-sempatin dengerin lagu kita sendiri minimal 50 kali/ sehari atau dengan cara yang lain yaitu share widget lagu ke facebook/ twitter dan berharap ada orang yang mau play lagu kita. Dan jangan lupa ajak/ bujuk teman, sahabat, keluarga ataupun pacar sendiri untuk play lagu di page band reverbnation, kalau ngga mau paksa aja atau pinjem akun facebook'nya untuk mem'play lagu...... ha ha ha =D

3. Jumlah Fans


Untuk Point Jumlah Fans menurut saya dapat di bedakan menjadi; Jumlah fans reverbnation, Fanpage Facebook & Twitter. Untuk sebuah band yang besar tentunya tidak menjadi masalah mengenai point Jumlah Fans, Yang Jadi Masalah adalah untuk band baru atau band yang baru terbentuk. Tentunya masih memiliki jumlah fans yang sedikit, tapi jangan berkecil hati rajin-rajinlah share profil band kalian baik di facebook atau twitter, meminta teman buat sekedar like atau follow twitter. Perlu di ingat semakin banyak Fans akan berbanding lurus dengan Point yang Pertama dan Kedua yaitu Jumlah pengunjung dan lagu yang di putar. Karena bukan tidak mungkin kalau jumlah fans kita banyak niscaya page band reverbnation kita akan dikunjungi dan akan Play lagu bahkan sampai mendownload lagu.

Lakukan tiga point di atas secara sinkron dan teratur, misalkan 3 - 4 kali dalam seminggu. Silahkan sobat indie cek rank/ chart reverbnation seteleh 1 minggu, jangan terkejut kalau posisi rank/ chart reverbnation kalian naik secara drastis. Semakin naik posisi rank/ chart reverbnation, semakin banyak pula point yang di butuhkan untuk bertahan ataupun lebih naik lagi hingga mencapai posisi rank/ chart no 1 (pertama).
 
Sekian Dulu artikel dari saya mengenai " Tips dan Trick Cara Dalam Menaikan Chart Reverbnation " mudah-mudahan bisa bermanfaat dan dapat di ambil hikmahnya, bahwasannya semua usaha itu perlu proses, dan proses itu perlu kesabaran. Biarkan'lah semua mengalir dan berjalan secara alami, itu akan terlihat lebih natural. Salam Indie... Enes foreverasu.

5 komentar :

  1. akhirnya nemu juga, tips buat naikin chart di reverb......... mantap gan ijin buat nyoba

    BalasHapus
  2. ok silakan bro, terima kasih udh mau brkunjung

    BalasHapus

Back To Top